Kesehatan : Tips Menjaga Kesehatan Selepas Bulan Puasa

Setelah sebulan penuh berpuasa bagi umat muslim, tiba masanya kembali kepada pola makan normal. Bagi kebanyakan orang tidak menyadari, pola makan yang  telah dijalani selama bulan puasa berubah drastis.

Selama sebulan pola makan dirubah. Dikosongkan pada waktu siang hari. Tubuh kemudian bekerja membuang racun-racun di dalam tubuh melalui keringat dan sistem pembuangan. Diisi kembali pada malam harinya dengan makanan yang sehat, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Begitu setiap hari selama sebulan.

Setelah selesai bulan puasa, kebanyakan orang berubah drastis. Kembali makan dengan tidak teratur. Inilah yang sering tidak disadari kebanyakan orang. Tubuh kembali digenjot dengan makan makanan yang membuat tubuh bekerja lebih berat. Apa sih yang perlu diperhatikan?

Hindari atau kurangi makanan berlemak.
Biasanya di hari lebaran kebanyakan makanan dibuat dari bahan yang mengandung lemak dan santan. Opor, rendang, daging atau ayam. Orang mulai makan dengan porsi besar, kadang berlebihan. Lambung pun mulai proses mengolah makanan dengan kerja yang berat. Proses pengolahan lemak di tubuh lebih sulit dibanding bahan yang lain. Untuk itulah kita perlu membatasinya.

Perbanyak Makan Buah dan Sayur
Buah dan sayur banyak mengandung bahan-bahan yang diperlukan tubuh. Vitamin, mineral dan serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Memperlancar kerja enzim untuk membantu proses pencernaan makanan. Mengganti ion tubuh yang hilang saat kita bekerja. Memulihkan kesegaran tubuh dan memperlancar aliran darah.

Ikuti Pola Makan Sehat
Pola makan sehat akan tetap menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan fit. Dengan pola makan sehat dan olah raga yang cukup akan membantu faal tubuh bekerja dengan baik. Stamina tubuh akan tetap terjaga dengan baik untuk menghadapi aktivitas rutin sehari-hari.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan menuliskan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang menyinggung masalah SARA akan dihapus.